Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear

Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear. Yamamoto Gasoline Engine GX230L Gold Series merupakan mesin serbaguna berbahan bakar bensin. Mesin Yamamoto tipe GX230L bertenaga 8.5 HP dengan Reduction Gear.

Mesin Yamamoto GX230L Gold Series dikatakan mesin serbaguna karena bisa dipakai untuk mesin apa saja misalnya mesin gokart, mesin penggiling daging, mesin parut kelapa, mesin genset, mesin perontok padi, mesin sedot air, mesin perahu dan lainnya.

Yamamoto GX230L Gold Series

Awal saya membeli mesin Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear adalah sebagai pengganti mesin perahu yang sebelumnya kurang bertenaga yaitu Honda GX160 5.5 HP tanpa reduction gear. Dengan panjang perahu 6 meter, mesin Honda GX160 5.5 HP tanpa reduction gear  kurang tenaganya karena hanya bisa menggunakan baling-baling perahu ukuran 8 HP dengan digerinda agar tidak berat.

mancing undang udang galah di sungai Seruyan

Dengan Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear sekarang di perahu yang saya pakai untuk memancing udang (undang) dan ikan di sungai Seruyan di hari libur bisa menggunakan baling-baling perahu dengan ukuran 9.5 sampai 10.5 HP atau yang umum disebut sebagai “roda” di tempat kami (Seruyan) karena kami lebih sering menyebut baling-baling perahu dengan sebutan “roda”.

baling-baling perahu motor
Baling-baling 9.5 HP masih terlalu kecil untuk mesin 8.5 HP, masih bisa pakai 10.5 HP

Untuk mesin yang akan dipakai di perahu motor, jika mesin tersebut menggunakan reduction gear maka roda (baling-balingnya) dapat menggunakan baling-baling yang peruntukkannya untuk mesin dengan HP di atasnya, jika mesin tersebut tidak menggunakan reduction gear maka baling-balingnya harus lebih kecil peruntukkannya.

Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear bisa menjadi pilihan bagi anda yang hobi dengan perahu motor, bertenaga, irit, harga murah Rp. 1.825.000, desain keren, knalpotnya keren. Mau saya tulis spesifikasi Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear tapi buku panduan yang saya terima tertukar dengan buku panduan mesin loncin yang dikasih oleh penjual di toko.

Sebagai contoh adalah apa yang dilakukan tetangga saya, dengan mesin bertenaga 13 Hp tanpa reduction gear yang dipasang di perahu, roda/baling-baling yang dipakai ukurannya hanya 9.5 itu juga sudah digerinda untuk memperkecil ukurannya. Seandainya memakai reduction gear, maka dengan tenaga 13 HP maka bisa dipasangi baling-baling untuk mesin lebih dari 13 HP karena Mesin Yamamoto GX230L Gold Series 8.5 HP Reduction Gear yang hanya 8.5 HP bisa dipasangi baling-baling ukuran 10.5 HP.

Yamamoto GX230L Reduction Gear

Reduction Gear

Reduction gear membuat putaran roda (baling-baling) lambat namun beban mesin menjadi ringan, bisa anda lihat pada sepeda gunung bila gear depan menggunakan ukuran yang kecil dan gear yang belakang menggunakan gear yang besar maka kita akan merasa ringan meski berada di jalan yang menanjak, kita mengayuh sepeda dengan cepat dan ringan namun laju sepeda tetap santai, begitu juga dengan mesin yang menggunakan gear reduction, putaran mesin cepat namun baling-baling berputar dengan lambat, meskipun lambat jika daun baling-balingnya lebar maka tenaga dorong terhadap perahu akan tetap terasa ditambah dengan RPM nya yang mencapai ribuan RPM dalam satu menit.

Yamamoto GX230L with Reduction Gear

Jika anda membaca sebuah spesifikasi mesin khususnya mesin yang akan anda pakai untuk mesin perahu tertulis putaran  lambat maka itu artinya mesin tersebut menggunakan gear reduction. Biasanya di belakang tipe mesinnya juga tertulis  huruf tertentu sebagai kode, seperti pada Mesin Yamamoto GX230L, Loncin G 200 F-C, LC 170 F-C, LC 180 F-C, LC 190 F-D, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *