Jarak LNB Palapa Telkom dan Chinasat 6a

Berapakah Jarak LNB Palapa Telkom dan Chinasat 6a? Seperti kita ketahui bahwa satelit palapa dan telkom adalah dua satelit yang paling populer dikalangan pengguna tv parabola. Karena melalui satelit palapa dan telkom beberapa channel tv nasional seperti RCTI, Indosiar, TVONE, Trans TV, ANTV, dan channel lainnya disiarkan secara FTA.

Namun ketika ada siaran olahraga seperti bola, bulu tangkis, dll maka biasanya siaran melalui satelit palapa diacak sehingga pengguna parabola tidak bisa menyaksikannya. Seperti dua event yang saat ini sedang berlangsung yaitu Copa America Centenario 2016 yang mempertemukan Argentina dan Chile di Final pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016 Pukul 07.00 WIB dan kejuaraan sepak bola Eropa, Piala EURO 2016 yang sudah memasuki fase gugur 8 besar.
 
 
Foto Jarak LNB Palapa Telkom dan Chinasat 6b

Namun seperti selalu ada jalan untuk menyaksikan event-event besar tersebut, salah satunya adalah melalui satelit luar negeri yang disiarkan secara FTA alias gratis seperti di satelit Apstar6 dengan channel CTN Group (CTN, CNC, My TV) dan Chinasat 6a dengan Channel XJTV 5.

   
Untuk Chinasat 6a kemungkinan ada yang ingin mencoba untuk menggabungkan satu parabola 3 LNB, lnb yang dipasang untuk lnb palapa, lnb telkom, dan lnb chinasat 6a. Jika digabungkan palapa, telkom, dan chinasat 6a dalam satu parabola maka jarak LNB nya harus tepat dan ketiga satelit tersebut harus memiliki jarak yang mmasih dalam jangkauan untuk digabungkan (misal palapa, telkom dan tahicom 5 yang sudah tidak memungkinkan digabungkan dalam satu parabola). Saya sendiri belum mencoba menggabungkan ketiga satelit tersebut (palapa, telkom, dan chinasat 6a). Yang pernah saya coba baru menggabungkan Palapa 113.0°E, Telkom 108.2°E, dan chinasat 6b 115.5°E. 
Foto Jarak LNB Palapa Telkom dan Chinasat 6b
Saat saya lock palapa, telkom, dan chinasat 6b dengan dish solid 6 feet, maka jarak lnb dan palapa sekitar 2 cm, dan lnb chinasat hampir berdempetan. Posisi lnb paling timur untuk lnb telkom, lnb di tengah untuk lnb palapa, lnb paling barat untuk chinasat 6b. Melihat garis bujur Chinasat 6a 125.0°E, kemungkinan jika bisa digabungkan maka jarak lnb chinasat 6a dengan lnb palapa akan lebih jauh ke barat, tinggal dicoba-coba jarak lnbnya sehingga menemukan jarak yang tepat jika memang bisa digabungkan sepiring bertiga.
 
Tentunya semakin besar ukuran dish atau parabola akan lebih memudahkan dalam memaksimalkan masing-masing signal yang diterima ketiga lnb tersebut. Pengalaman saya ketika itu, jika signal dari chinasat 6b dan palapa bagus maka telkomnya kurang maksimal sehingga bisa disimpulkan posisi atau jarak lnbnya belum tepat sepenuhnya. Apalagi yang saya gunakan parabola dengan ukuran 1,8 meter diameternya. Selamat mencoba dan bereksperimen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.