Hoby Tracking, Berapa Biaya yang Dikeluarkan?

Anda memiliki Hoby Tracking, berapa biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi hoby tracking anda?. Tracking satelit parabola (satelit televisi) bagi sebagian orang adalah sebuah hoby dan kebutuhan, namun ada juga tracking satelit parabola yang sebagai pekerjaan untuk para pengguna (user) yang memerlukan jasa para tracker. Tracking satelit parabola di sini maksudnya adalah mengarahkan parabola ke satelit tujuan misalnya tracking Satelit Palapa, Yamal, Thaicom 5, Apstar 6, Apstar 7, Optus, ABS 2, ABS 6, SES9, Chinasat, Telkom, dan satelit lainnya untuk mendapatkan signal dan siarannya.
 
Tracking bagi para penyedia jasa tracker merupakan sebuah profesi. Selain menyediakan jasa tracking, para tracker juga biasanya jualan peralatannya seperti parabola/dish, lnb, receiver, switch, dan alat-alat lainnya. Itu artinya tracker memiliki pendapatan dari jasa trackingnya dan jual peralatannya.
Bagi tracker yang hanya hoby, aktivitas tracking pasti memerlukan biaya untuk membeli alat-alat tracking yang memadai. Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak anda untuk menghitung berapa biaya yang sudah anda keluarkan untuk membeli peralatan tracking beserta perlengkapannya, pasti sudah jutaan rupiah bahkan bisa mencapai puluhan juta. Apalagi kalau beli alatnya baru semua, terus kalau misalnya beli dish solid ukurannya besar, untuk dishnya ini saja sudah mau puluhan juta.
peralatan tracking satelit tv parabola yang harus ada
 

Baik kita mulai menghitung biaya peralatan tracking dari yang saya keluarkan terlebih dahulu:

Modal Awal untuk Tracking Satelit TV Parabola
Modal awal yang saya keluarkan untuk membeli Televisi Sharp Piccolo 21 inch, digital satelit receiver Matrix Apple III MPEG2, parabola/dish solid 6 feet satu set totalnya Rp 5.500.000 yang saat itu saya beli secara kredit selama 12 bulan dengan cicilan Rp 424.000/bulan dan DP Rp 500.000. Sebenarnya beli kontan bisa saja tapi waktu itu saya mikirnya uangnya buat modal usaha, dari keuntungannya disisihkan buat setoran. Kalau cash harganya paling cuma 3 juta lebih. Ditambah biaya transportasi yang saya tidak tahu karena bukan saya yang bayar. Biaya instalasi dan tracking 50.000 karena masih pemula sehingga memerlukan jasa tracker yang kebetulan masih keluarga.

Modal Karena Hoby Tracking Satelit TV Parabola

Karena hoby bola, saya tidak puas dengan tayangan yang ada, akhirnya saya coba-coba tracking sendiri hampir tiap pagi atau sore kalau lagi tidak kerja, singkat cerita saya beli receiver lagi Matrix Garuda MPEG4 seharga 500 ribu, sebuah harga yang sangat mahal untuk receiver sekelas itu karena waktu itu saya beli di toko elektronik yang ada di kota saya. Lalu saya beli lagi Matrix Garuda Full HD Merah, lantaran beIN Sports di Asiasat 5 menghilang akhirnya saya beli K-Vision Cartenz K1200 serta paket bulanannya meski tidak setiap bulan. Selanjutnya beli LNB Combo C Band dan Ku Band Tanaka, beli LNB Ku Band Matrix MK II, beli kabel jamper, beli konektor, beli sambungan T, beli sambungan RCA to RCA, beli parabola mini k-vision, beli kabel lagi, beli Matrix Burger S2 HD PVR yang sekarang menjadi barang antik, yang semuanya bertahap tidak sekaligus, karena melihat perkembangan dari dunia tracking.

Kalau dihitung-hitung modal dari awal sampai sekarang sudah bisa mencapai 10 jutaan, sebuah pengeluaran besar yang tak terasa karena tidak dibukukan dipembukuan keuangan dan pembelanjaannya pun bertahap.


Kalau dibandingkan dengan kwan-kawan tracker lain mungkin ada yang mempunyai koleksi receiver dari yang MPEG2 jadul sampai yang kekinian. Dan biaya yang saya keluarkan belum seberapa dibandingkan kalian para pecinta bola. Kalau saya kadang lock sebuah satelit cuma buat mencoba apakah saya bisa mendapatkan sinyalnya, yang kemudian saya coba tuliskan dalam sebuah tulisan di web ini sebagai tutorial panduan tracking meski belum lengkap sepenuhnya


Bagi anda yang memiliki hoby tracking Anda ingat lagi apa saja yang sudah dibeli berkaitan dengan dunia Tracking Satelit TV Parabola dan hitung kira-kira jumlahnya sudah berapa juta?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

*

error: Content is protected by Allah !!