Contoh Laporan TPL IKM Hasil Penyuluhan

Di Informasi Umum 160 views
Contoh Laporan TPL IKM Hasil Penyuluhan. Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil Menengah atau yang sering disingkat TPL-IKM adalah orang yang dipekerjakan oleh Kementerian Perindustrian sebagai tenaga penyuluh lapangan untuk melakukan penyuluhan, pendampingan, pembinaan, dan menjalankan tugas-tugas lain yang menjadi tugas pokok dan fungsi TPL diantaranya fasilitator, komunikator, inspirator, informator, inovator, promotor, dan masih banyak lagi. TPL IKM direkrut melalui proses seleksi yang ketat dengan peserta dari seluruh Indonesia untuk mengikuti pendidikan selama 3 tahun atau setara D3 di kampus-kampus di bawah naungan Kementerian Perindustrian dan setelah lulus dipekerjakan dengan ditempatkan di dinas perindustrian daerah TPL berasal selama dua tahun dengan sistem kontrak.
Contoh Laporan TPL IKM
Selama menjalankan tugasnya sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan selama dua tahun, TPL IKM memiliki hak dan kewajiban. Hak TPL IKM adalah memperoleh honor dan biaya transport TPL yang besarnya tergantung Provinsi masing-masing, biaya ATK, biaya pencetakkan laporan. Sementara kewajiban TPL IKM adalah menjalankan tugas pokok dan fungsi TPL di IKM binaan. Sebelum menjalankan tupoksi TPL, TPL menentukan daftar-daftar Industri Kecil Menengah yang akan menjadi binaan Tenaga Penyuluh Lapangan.
 
Sebelum menjalankan tugas pokok dan fungsi Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) maka biasanya para TPL melakukan penandatanganan kontrak kerja di dinas perindustrian provinsi masing-masing di atas bermaterai 6000 rupiah yang ditandatangani oleh 4 pihak yaitu TPL IKM, kepala dinas perindustrian kabupaten, kepala dinas perindustrian provinsi, dan direktorat jenderal (dirjen) IKM dari kementerian perindustrian.
Dalam menjalankan tugasnya, TPL juga berkewajiban membuat dan memberikan laporan TPL secara berkala berupa laporan triwulan I, laporan triwulan II, laporan semester I, laporan triwulan III, laporan semester II, dan laporan tahunan. Laporan triwulan I adalah laporan tpl selama periode pertama dari bulan Januari-Maret. Laporan triwulan II adalah laporan TPL dari bulan April-Juni, sedangkan laporan TPL semester adalah gabungan laporan triwulan I dan triwulan II.
 
Semua format laporan sudah ada contoh dan panduannya di dalam buku pedoman teknis yang diberikan masing-masing kepada TPL IKM saat penandatanganan kontrak kerja tahun pertama.
 
Berikut ini contoh format laporan TPL yang bisa digunakan:
 
Cover
Kata Pengantar
Daftar ISI
BAB I  PENDAHULUAN
Bab ini mencakup uraian tentang Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Ruang    Lingkup dan Sistematika Penyajian, serta Periode Pelaksanaan Penyuluhan.
 
BAB II  DATA UMUM PERUSAHAAN/SENTRA IKM YANG DIBINA
Bab ini memaparkan mengenai data umum perusahaan yang didampingi oleh TPL-IKM Kabupaten Seruyan selama periode pelaksanaan penyuluhan ini berikut dengan kondisi awal IKM tersebut.
 
BAB III  PERMASALAHAN
Pada bab ini akan disampaikan mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh IKM selama ini.
 
BAB IV  KEGIATAN PENYULUHAN
Bab ini berisi mengenai realisasi kerja penyuluhan IKM oleh TPL-IKM dan hambatan-hambatan yang dialami oleh TPL-IKM selama pelaksanaan penyuluhan di periode ini.
 
BAB V  HASIL YANG DICAPAI
Bab ini berisi uraian tentang kemajuan/peningkatan yang telah dicapai selama  penyuluhan mengenai produksi, pemasaran, teknologi, manajemen, dan permodalan.
 
BAB VI  KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini akan memaparkan kesimpulan dari hasil yang sudah dicapai dan saran yang diberikan sebagai masukan untuk para pemangku kepentingan dalam upaya mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi IKM.
 
Lampiran berupa profil IKM binaan dan dokumentasi penyuluhan
Diketahui oleh kepala dinasa atau kepala bidang industri

Demikianlah contoh format laporan TPL, untuk isi laporan TPL baik laporan tpl semester, laporan triwulan, maupun laporan tahunan bisa anda unduh salah satu contoh isi laporannya di link berikut ini

Tags: #Contoh #Laporan

45 Top Sites di Indonesia Versi Similiarweb
45 Top Sites di Indonesia Versi Similiarweb
45 Top Sites di Indonesia Versi Similiarweb.
Ini Alasan Mengapa Kita Harus Memakai Indosatooredoo
Ini Alasan Mengapa Kita Harus Memakai Indosatooredoo
Ini Alasan Mengapa Kita Harus Memakai Indosatooredoo.
Kelebihan dan Kekurangan Kelapa Biasa vs Kelapa Sawit
Kelebihan dan Kekurangan Kelapa Biasa vs Kelapa Sawit
Kelebihan dan Kekurangan Kelapa Biasa vs Kelapa
Kecamatan Seruyan Hilir Timur
Kecamatan Seruyan Hilir Timur
Kecamatan Seruyan Hilir Timur. Kecamatan Seruyan Hilir
  1. author

    Sisko Afnindar2 tahun yang lalu

    wah lumayan nih bisa jadi panduan om

    Balas

Tinggalkan pesan "Contoh Laporan TPL IKM Hasil Penyuluhan"

*

Baca Juga×

Top
error: Content is protected by Allah !!