Cara Tracking Ses7 Indovision Dan Chinasat11 Ninmedia Dalam Satu Dish

Cara Tracking Ses7 Indovision Dan Chinasat11 Ninmedia Dalam Satu Dish. Cara tracking atau menemukan sinyal satelit dari SES 7 yang digunakan untuk menyiarkan channel-channel tv berlangganan milik Indovision digabungkan dengan Chinasat 11 Ninmedia yang menyiarkan sebagian channel-channel lokal atau tv nasional secara FTA. FTA artinya gratis untuk disaksikan atau ditonton dengan jenis perangkat apapun bukan dengan perangkat tertentu maupun dengan berlangganan.
 
Untuk menghemat biaya sebenarnya SES7 Indovision, Chinasat11 Ninmedia, Measat Astro/K-Vision, Transvision bisa digabungkan dalam satu dish atau parabola mini bekas pay tv. Namun pada kesempatan ini saya hanya ingin berbagi Cara Tracking Ses7 Indovision Dan Chinasat11 Ninmedia Dalam Satu Dish saja.
 

Untuk langkah-langkah Cara Tracking Ses7 Indovision Dan Chinasat11 Ninmedia Dalam Satu Dish adalah sebagi berikut :

Siapkan semua peralatan diantaranya dish solid mini baru atau bekas, di sini saya pakai bekas k-vision milik tetanga, lnb ku band, lnb s band, receiver, dan lainnya
cara-tracking-ses7-dan-chinasat
  • Pasang parabola beserta dua lnb untuk ses7 dan chinasat 11 seperti pada gambar di bawah ini. Saya rasa anda sudah bisa memasang (merakit) parabola dan lnbnya. Gambar di bawah adalah contoh parabola sepiring berdua ses7 dan chinasat 11.

 

  • Pada tahap awal mula, masuk ke pengaturan receiver-instalasi- pada daftar satelit tambahkan ses7 garis bujur 108.2 E (jika belum ada).

 

  • Tekan tombol kuning (TP) pada remote sehingga akan masuk ke pengaturan transponder (frekuensi dan simbol rate) dan pengaturan LNB SES7.

 

  • Tekan tombol hijau pada remote (Add) untuk menambahkan frekuensi, simbol rate, dan polaritas. Masukan salah satu daftar transponder (TP) SES7 terlebih dulu kemudian save. Selanjutnya adalah pengaturan frekuensi lnb SES7 dengan cara geser ke kanan agar bilah sorot berada pada LNB frekuensi.

 

  • Setting LNB frekuensi SES7 seperti frekuensi C Band yaitu 5150.

 

  • DiSEqC1.0 pilih port yang sesuai tinggal geser kanan kiri untuk merubah port 1-port 4. Di sini saya menggunakan switch 1 x 4 (1 receiver 4 lnb) dengan asumsi port lnb 1,2 pada switch saya gunakan untuk palapa dan telkom, sedangkan port 3 nantinya akan dipakai untuk chinasat 11 ninmedia. DiSEqC1.0 off kan saja. Polaritas setting ke Auto agar secara otomatis medeteksi sinyal transponder dengan polaritas Horizontal dan Vertikal.

 

  • Jika sudah, selanjutnya pasangkan kabel pada LNB S Band SES7 seperti pada gambar pertama. Pasang LNB S Band sebagai fokus dengan alasan banyak transponder berbeda dan channel yang masing-masing intensitas sinyalnya berbeda. Sementara Chinasat 11 menggunakan satu transponder sehingga jika frekuensi 12500 v 43200 sudah dapat sinyalnya maka otomatis channel yang ada akan didapatkan semua sehingga tidak masalah dijadikan offset terutama pada dish yang lebih kecil. Kalau seandainya SES7 yang jadi offset dikhawatirkan ada channel yang tidak dapat karen intensitas dan kualitas sinyal yang di dapat kurang memadai.

 

  • Arahkan parabola ke barat seperti pada gambar 1 dan naik turunkan serta goyang kanan kiri seperti mengayak gula atau tepung pada ayakan. Posisi satelit ses7 ada di 108.2 E maka posisinya sama seperti satelit telkom, karena ini mengunakan dish offset maka posisi parabolanya agak miring ke barat sedikit seperti pada gambar 1 sampai ketemu intensitas dan kualitas sinyal yang memadai. Jika sudah ketemu selanjutnya tingal di scan. Pilih blind scand agar daftar transponder yang belum dimasukan akan secara otomatis terdaftar beserta channelnya.

 

  • Selanjutnya untuk pemasangan lnb ku band yang akan digunakan chinasat11 ninmedia 98.0 E. Pengaturannya hampir sama seperti ses7 tahap 1-4, hanya saja di daftar TP masukan frekuensi 12500 v 43200 settingan pada lnb frekuensi dengan Universal 9750-10600 port gunakan sesuai port yang akan digunakan untuk lnb ku band (dalam hal ini saya pakai port 3). Polaritas seting ke Vertikal saja.

 

  • Sambungkan kabel ke lnb ku band yang akan di pasang untuk ninmedia. Setelah kita dapatkan sinyal ses7 maka kencangkan baut-baut penyangga dish nya. Untuk mendapatkan sinyal chinasat 11 ninmedia ini saya menggunakan metode coba-coba dengan memegang lnb ku band dan mengarahkannya pada dish dengan posisi konektor mengarah ke utara/selatan kemudian digeser ke kanan-kiri atas bawah di atas lnb s band ses7 sampai menemukan sinyalnya. Jaraknya sekitar 10 cm antara lnb s band dan ku band ninmedia dengan fokus ses7 namun lnb ku bandnya agak ke kanan. Tentunya dengan peralatan tambahan untuk meletakan lnb ku band nya, cukup dengan peralatan yang ada.
Ninmedia Chinasat 11
Gambar di atas adalah hasil  Tracking Chinasat11 Ninmedia  dan Ses7 Indovision Dalam Satu Dish dengan LNB Ninmedia sebagai offset. Cara ini dapat anda gunakan bagi anda yang ingin berlangganan indovision tapi ingin pasang sendiri untuk menghemat ongkos teknisinya.

Sementara ninmedia bisa digunakan untuk menyaksikan siaran tv lokal tanpa harus bayar bulanan. lnb s band dan ku band memiliki kelemahan masing-masing, silahkan baca kelebihan dan kekurangan lnb s, c, dan ku band. Perlu diingat, beda dish, beda tiang dish, beda tkp bisa saja posisi lnb ku band untuk ninmedia berbeda letaknya untuk mendapatkan sinyal yan maksimum.

Sebenarnya pelanggan Indovision sudah diberikan channel yang cukup lengkap dan bisa dibilang salah satu televisi berlangganan dan berbayar paling baik di Indonesia, hanya saja untuk channel lokal masih belum ada net tv dan kompas tv. Selamat mencoba.

24 thoughts on “Cara Tracking Ses7 Indovision Dan Chinasat11 Ninmedia Dalam Satu Dish

  1. Nanyak. Gan. Untuk reciever milik indovision apakah bisa di pakai buat lnb lain. Maksud saya untuk ku band atau c band.

  2. Sy berada di solo, dish sdh sy arahkan ke barat sampai utara dgn elevasi antara 45" sampai 80", masih belum nyangkut juga gan. Saat sy kira atap rumah menghalangi arah barat, sy coba pindah dish tapi hasil nya sama sj. Waktu coba lnb ku band lain juga blm ada hasil. Kira2 ada kerusakan di rx tdk y gan? Hanya terbaca intensitas sinyal 60% kualitas tetap 0% kemanapun dish menghadap. Rx sy skybox a1 dan masih terbilang baru, masak sdh rusak gan?
    Untuk sinyal ses7, apa ngelock mudah gan? Sy coba pake lnb s band juga blm dapat sinyal dari ses 7,.sy pake rx yg sama (skybox a1) dgn frekuensi sy tambah 2000 di setiap TP.
    Sy masih org yg sama gan dgn yg diatas, maaf g bisa pake akun google. Agak ribet soalnya :v

    1. apakah pengaturannya sudah pas, apakah pengaturan lnbnya sudah di atur ke universal 9750-10600? untuk cek rusak atau tidak silahkan dipasang receivernya pada parabola yang posisinya sudah tepat (sudah ada sinyalnya) tinggal atur port dan lain sebagainya, kalau ada sinyalnya berarti receiver normal cuma belum pas aja saat mau lock ninmedia.

  3. Gan, kalo parabola mini (offset) diatas nya sebagian tertutup atap rumah itu mengganggu sinyal tdk ya?
    Sy coba lock chinasat 11 sll g dapet, apa gara2 diatas dish sebagian tertutup atap rmh?
    Ty,

    1. ninmedia 98 derajat, selagi atap rumah tersebut tidak menutup arah datangnya sinyal maka sebenarnya tidak masalah, soalnya ada yang pasang cuma di taruh di dalam teras yang beratap, hanya saja arah baratnya tidak terhalang, apalagi sinyal ninmedia ini kuat dan beam seluruh Indonesia, coba lock frekuensi k-vision ku band, nanti kalau udah ketemu tinggal dinaikan kemiringan dishnya, saya coba dulu lock frekuensi k-vision ku band terus saya naikin dish nya dan frek ninmedia juga dapat sinyalnya, itu artinya searah saja, cuma beda kemiringan saja 91.5-98 derajat. tapi kalau bisa taruh ditempat yang terbuka parabolanya agar lebih mudah. terima kasih

  4. Gan… sy udh bhasil ng'lock chinasat11. Trus mau nambahin ses9, kok signalnya susah ya? S:70 Q:25 tp ilang2an mpe nol. Bagusnya fokus yg mn dulu ya? Blm sy coba fokus ses9.

    Trus, ch yg fta di ses9 ada mnc groupnya ga?

    Thx gan…

    1. yang sinyalnya susah itu yang jadi fokus, apalagi ninmedia kan cuma satu transponder jadi kalau sudah ketemu sinyalnya bakal ketemu semua tuh channel ninmedia, coba kalau yang lebih dari 1 transponder, satu frekuensi ketemu sinyalnya, belum tentu channel di frekuensi lain ada sinyalnya, itulah mengapa pada artikel di atas ses7 dibuat fokus, mnc group sepertinya sudah kabur sama seperti mnc group yang di ninmedia. terima kasih. channel yang lain fta mungkin untuk sementara

  5. om sya mau tanya,, drumah sya punx 1 dish 6 feet lnb c band 2 buah buat lock palkom,, nah sya dpt dish dr tetangga g dpakai tp dishx bekas okevision n lnbx itu s band klau g slah yg besar itu.. nah minta saran biar sya bisa lock chanel luar dgn dish kecil n lnb s band ini ap bisa sya lari k thaicom kah kmna yg ad cha nel luar n bolax? atau apa sya harus punx lnb KU band dl kah omm.. ?? mkasih sebelumx untuk kebersediaanx memberi solusi,, salam kenal dr sangatta kutai timur , kaltim..

    1. yup betul pakai lnb ku band, kalau tetap pakai lnb s band hanya bisa lock ses7 indovision dan harus berlangganan, kalau ku band yang bisa siaran luar dan bola bisa di coba thaicom 5/8 ku band, koreasat 5 ku band, pastikan agan berada di wilayah yang masuk beam. Kalau saya sih dish solid 6 feet nya untuk thaicom5 dan intelsat 20, dish kecilnya buat ninmedia chinasat11 ku band (siaran lokal free, untuk dish kecil susah nangkap siaran luar dan bolanya (jarang, beam nya sempit kayak thaicom ku band wilayah sumatera saja) kebanyakan yang nyiaran siaran luar pakai jalur c band (pakai parabola besar)

    1. coba masukkan frekuensinya secara manual baru di scan khusus frekuensi mnc atau bein sport 1, kadang memang ada yang tidak mau keluar semua kalau di scan otomatis

  6. Mksud saya.. Sekarang saya pakai infovision masih berlngganan… Dan masih idup.. Itu saya pakai d kamr.
    Trus lgi l saya punya antena bekas trans yang gk kepakai. Trus saya pakai itu dan dpt 2 satelit. Chinll sama ses9..

    Kalau di kalau lnb yang d indovion itu d sambingkn ke bekas trans yang td saya bilang dpt 2 satelit itu. Bisa gk yw..?
    Kira kira ada gk fta na di sana…
    Maksud saya cuma numpang signal aja d indovision… Tanpa memindah atau nanbah… Cma kabel nya aja d bgi 2….
    Ada gk satelit yang bisa d ambil dari sama yang fta

    1. di sambungkan bisa pakai switch jadi 3 lnb 2 parabola, namun sekarang apakah receiver yang sekarang agan pakai (receiver indovision) bisa tambah frek ninmedia dan ses9 ? bekas tranasvision kalau cuma parabolanya saja ya bisa tapi pakai lnb ku band, kalau lnb bawaan transvision itu c band, satelit di jalur c band akan sangat susah buat di lock dengan parabola kecil. Kalau mau yang fta pakai parabola besar aja, kalau kecil jarang yang fta untuk channel luar

  7. Saya pakai indovisiom…
    Tp saya jg pakai transvision.. Yang trans udah gk. Tpi saya pakai untuk cri siaran fta… Di chll dan ses9 menggunakn 2 lnb….
    Saya belum puas. Bisa gk signal piringan d indovision d curi tp dengan receiver berbeda.

    1. maksudnya di curi apa yah? kalau dish/parabola indovision atau bekas indovision itu ya bisa dipakai buat satelit lain hanya kalau lnb nya saja yang di ganti dari S band menjadi Ku band. Untuk channel luar paling enak pakai LNB C band dan parabola besar yang biasanya jangkauan sinyal lebih luas, pakai parabola besar dengan lnb C Band bisa lock channel luar untuk film dan bola seperti di satelit thaicom5, intelsat20, apstar6, asiasat5, dan masih banyak lagi lainyya. receivernya di ganti pakai matrix burger s2 hd pvr atau matrix burger extra hd, dan merk receiver lainnya yang sudah lebih canggih. terima kasih

    1. chinasat 11 dan ses 9 tv desa itu kan memang channel-channel lokal. Kalau ingin ada channel luarnya jangan cuma di ses9 dan ninmedia, harus lock satelit lain. ada banyak satelit luar negeri yang bisa di dapatkan siaranya dari Indonesia, pakai parabola yang besar aja gan, bisa yang solid atau yang jaring.

    1. kalau yang benar-benar fta selain ninmedia sepertinya gak ada bos, kebanyakan diacak meskipun bisa dibuka, bisa dicoba mmp smv free to view di satelit ABS 2A hanya saja pakai receiver khusus milik mereka, isinya siaran lokal dan internasional. free to view beda sama free to air. free to view gratis dilihat/ditonton tapi pakai perangkat khusus milik mereka, kalau free to air bisa ditonton pakai perangkat apa saja asal sesuai spesifikasi. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.