Cara Menambah Siaran Channel di Matrix Garuda MPEG4 HD

Cara Menambah Siaran TV parabola, Channel, Satelit, Frekuensi di Matrix Garuda MPEG4 HD. Hal yang melatarbelakangi saya menulis artikel yang berjudul “Cara Menambah Siaran TV parabola, Channel, Satelit, Frekuensi di Matrix Garuda MPEG4 HD” adalah karena masih banyaknya para pengguna matrix garuda yang ketika sudah membeli paket di tempat saya ternyata siarannya masih gelap belum terbuka, setelah saya cek ternyata frekuensi dan siaranya bukan pada frekuensi matrix garuda 3460 H 29900 (lama), frekuensi terbaru 4100 V 29900. Ada juga yang frekuensinya dihapus namun tidak bisa menambahkan kembali di matrix garuda.

Biasanya saya pandu melalui whatsapp dengan cara pembeli mengirim foto remote dan layar televisinya, dan alhamdulillah frekuensi, siaran, dan channel bisa ditambahkan ke dalam matrix garuda milik pembeli. Dari pada setiap ada yang tanya cara menambah frekuensi maupun siaran di matrix garuda saya pandu melalui whatsapp, maka saya kira akan lebih baik jika saya tulis saja caranya menambahkan frekuensi siaran tv di receiver matrix garuda. Cara di bawah ini berlaku bukan hanya untuk frekuensi matrix garuda saja (4100 V 29900) namun juga untuk frekuensi indosiar, sctv, trans 7, trans tv, antv, net tv, rcti, mnc, global tv, dan yang lainnya tinggal anda sesuaikan dengan frekuensi masing-masing channel tersebut.

remote matrix garuda hd untuk menambah channel siaran tv matrix garuda

Berikut ini cara menambahkan frekuensi siaran televisi di matrix garuda mpeg4 HD;

  • Pada remote matrix garuda tekan MENU sehingga akan tampil daftar channel, menu instalasi, sistem, peralatan, dan multimedia seperti gambar di bawah ini,

tampilan menu instalasi untuk menambah frekuensi matrix garuda

  • Pilih INSTALASI dengan menggeser bilah sorot ke bawah kemudian tekan OK
  • Selanjutnya anda akan masuk ke dalam menu instalasi yang berisi daftar nama satelit, biasanya terdapat lebih dari satu, atau paling tidak terdapat nama satelit palapa dan telkom seperti gambar di bawah ini;

cara tambah daftar satelit di matrix garuda

  • Pada tampilan daftar nama satelit di atas anda bisa menambahkan daftar nama satelit baru misalnya asiasat5, intelsat, paksat, ses7, eutelsat, yamal, measat, dan lainnya hanya dengan menekan tombol warna merah di pojok kiri paling bawah di remote
  • Untuk menambahkan frekuensi baru atau mengedit frekuensi lama di matrix garuda anda bisa menekan tombol SAT, di remote posisinya ada di bawah angka 9.
  • Setelah ditekan tombol SAT maka anda akan masuk ke dalam display atau tampilan daftar transponder, atau yang sering kita kenal dengan frekuensi, symbol rate dan polaritas (h=horizontal, v=vertikal) seperti di bawah ini

tampilan daftar transponder atau frekuensi matrix garuda

  • Berdasarkan gambar di atas, anda dapat menambahkan, menghapus, dan mengedit frekuensi di receiver matrix garuda dengan menekan tombol di remote sesuai warna (merah = tambah, kuning= hapus, hijau= ubah, biru= cari/scan). 4 tombol tersebut ada di remote paling bawah.
  • Jika anda ingin menambahkan frekuensi baru maka anda tekan tombol merah, nanti akan ada kolom untuk menambahkan frekuensi, polaritas, dan symbol rate.
  • Untuk memunculkan channel atau siarannya, pada tampilan seperti di atas maka arahkan pada frekuensi yang diinginkan atau yang baru saja ditambahkan, lalu tekan tombol biru untuk cari/scan. Pastikan batang/indikator kualitas dan intensitas sinyal nya menunjukkan adanya sinyal seperti gambar nomor 3.

Demikianlah cara menambah siaran matrix garuda, cara menambah channel matrix garuda, dan cara menambah satelit matrix garuda semoga membantu dan bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar. Silahkan di bagikan info ini gratis.

Leave a Reply

*

error: Content is protected by Allah !!