Cara Lock Thaicom 5 Digabungkan Dengan Intelsat 20

Cara Lock Thaicom 5 Digabungkan Dengan Intelsat 20 dengan mudah. Berbagi cara lock satelit Thaicom 5 dan Intelsat 20 digabungkan dalam satu dish atau parabola dengan mudah berdasarkan pengalaman admin menggunakan dish solid 6 feet.
 
Seperti kita ketahui di satelit Thaicom 5 ada channel yang menyiarkan Liga-Liga top Eropa musim 2016/2017 seperti Liga Inggris (English Premier League, Liga Spanyol (La Liga Santander), Liga Italy (Serie A), Liga Jerman (Bundesliga), UEFA Champions League, UEFA Europa League di channel PPTV HD maupun SD, MRTV Entertainmment, True 4, meski jumlah pertandingannya tidak selengkap channel-channel di satelit lain. Rata-rata channel di Thaicom 5 menggunakan acakan Biss Key baik Thaicom 5 C Band, Thaicom 5 Ku Band dan Thaicom 8 Ku Band.
 
Sementara di satelit Intelsat 20 kebanyakkan diisi oleh siaran dari India dengan jenis acakan Power Vu. Di intelsat 20 ada channel yang menayangkan atau menyiarkan La Liga Santander dan Serie A musim 2016/2017 dengan kualitas SD dan juga jumlah pertandingannya tidak lengkap karena harus berbagi dengan channel Sony Six HD dan Sony ESPN HD yang ada di Intelsat 17 namun sinyalnya minim sehingga tidak semua orang bisa lock satelit Intelsat 17.
 
Buat anda yang ingin mencoba untuk lock atau tracking satelit intelsat 20 digabungkan dengan thaicom 5 dalam satu dish baik ukuran 6 feet, 7 feet, 7.5 feet, 8 feet, 9 feet, 10 feet, 12 feet namun di sini saya menggunakan dish solid 6 feet merk matrix alloy anti karat karena hanya itu yang  saya punya. Berikut langkah-langkah untuk lock Thaicom 5 dan Intelsat 20:
 
Siapkan peralatannya terutama receiver yang sudah bisa input biss key dan power vu seperti Matrix Burger S2 HD PVR.
 
Ketahui posisi derajat Thaicom 5 dan Intelsat 20. Thaicom 5 ada di posisi 78.5 E dan Intelsat 20 ada di 68.5 E yang artinya satelit Intelsat 20 posisinya ada dibawah Thaicom 5.
thaicom5 dan intelsat20 dalam satu dish
Gambar Posisi lnb thaicom5 dan intelsat20 dish solid 6ft
Setting pengaturan antena di receiver terutama port untuk LNB Thaicom 5 C Band dan Intelsat 20. Di sini saya menggunakan switch 4 x 1 dengan rincian port 2 untuk intelsat 20, port 1 thaicom 5, port 3 chinasat 11 ninmedia, dan palapa telkom di port 4 dengan LNB khusus.
 
Dari gambar di atas bisa dilihat, foto diambil dari utara dan dish/parabola menghadap ke barat. LNB yang ada di atas adalah lnb Intelsat 20 dengan posisi miring atau tidak menghadap lurus ke bawah dish karena jika saya pasang lurus seperti LNB untuk Thaicom 5 maka kualitas sinyal yang diterima jadi tidak maksimal bahkan zonk. Sementara LNB untuk Thaicom saya pasang lurus jadi hasilnya lubang lnb untuk Intelsat 20 menjauh dari lubang LNB Thaicom sementara ujung/atas lnb Intelsat 20 mendekat ke arah ujung atas LNB Thaicom. Ujung atas LNB adalah tempat yang biasanya ada port kabel ke switch atau ke receiver (silahkan lihat gambar). 

Berapakah jarak LNB Thaicom 5 dan Intelsat 20 pada dish solid 6 feet? Jaraknya tidak saya ukur namun diperkirakan sekitar 10 cm, atau lebih gampangnya kalau ada brecket yang memiliki 3 lubang untuk 3 LNB maka posisi LNBnya ada di lubang LNB nomor 1 dan 3. Brecket lnb yang saya gunakan adalah brecket LNB modif yang hanya muat 2 LNB (Palapa, Telkom). Dua brecket LNB palapa Telkom saya potong sedikit ujungnya kemudian saya satukan dengan kawat.
 

Tititk fokus ada pada LNB untuk Thaicom 5 (bawah). Pasang 2 LNB tersebut pada jarak sekitar 10-13 cm. Kemudian trackingnya adalah temukan sinyal pada frekuensi Thaicom 5 terlebih dulu yang sudah diatur pada receiver misalnya 3920 H 30000 dengan menaik turunkan dish ke arah barat seperti pada gambar di atas, jika sudah ketemu sinyal pada Thaicom 5, silahkan anda pindahkan pada frekuensi Intelsat 20 khususnya Sony Group 3990 H 22222 di receiver anda, jika belum ada sinyal maka posisi lnb Intelsat belum pas jaraknya.

Setiap kali kita merubah jarak lnb intelsat 20 dengan thaicom 5 cband, maka selanjutnya adalah menemukan kembali sinyal thaicom 5 dulu jika sudah dapat maka tinggal dicek apakah sinyal intelsat 20 sudah dapat. Begitu seterusnya sampai sinyal intelsat 20 didapatkan, itulah metode  coba-coba yang saya praktikan untuk mendapatkan ke dua sinyal satelit tersebut pada dish solid 6 feet. Saya mendapatkan sinyal sekitar 70-73% di receiver matrix garuda mpeg4 dan di matrix burger s2 hd pvr intelsat 20 sekitar 45% kalau siang dan malam bisa turun menjadi 42% namun masih lancar tanpa sendat-sendat seperti cd rusak, sementara thaicom 5 sekitar 56-60%. Intensitas dan kualitas sinyal masing-masing receiver ditampilkan berbeda. Biasanya kalau intelsat20 saat malam hari gambarnya cekot-cekot maka parabolanya tinggal saya naik atau turunkan sedikit untuk menaikan sinyal intelsat20 sedikit dan pastinya sinyal thaicom 5 akan turun sedikit namun itu tidak masalah karena yang saya lock thaicom 5 untuk polaritas H saja yang memang sinyalnya luber.

Perlu diperhatikan juga, untuk menggabungkan dua lnb dalam satu parabola harus diketahui derajat posisi satelitnya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masih memungkinkan digabungkan misalnya lock thaicom 5 dengan fokus pada palapa atau telkom, akan sangat susah karena jaraknya sudah jauh. Palapa ada di 113 E dan Thaicom pada posisi 78.5 E.

Fokus yang saya maksud di sini adalah prioritas utama dalam mendapatkan sinyal dari salah satu satelit, fokus biasanya saya cari satelit yang gampang di lock atau sudah pernah di lock sebelumnya untuk memudahkan jika akan digabungkan, atau fokus bisa juga pada satelit yang sinyal standar dan transponder banyak misal palapa dan Telkom dengan fokus Palapa atau SES7 dengan Chinasat 11 dengan fokus SES7, bukan fokus dalam artian lnb di atas adalah fokus atau di bawah adalah offset. Karena biasanya ketika sebuah LNB diletakan pada posisi fokus (biasanya di atas atau di tengah) maka sinyal yang diterima bisa maksimal sementara yang offset (di pinggir atau di bawah) kurang maksimal, lalu bagaimana jika kita fokuskan kekuatan sinyal pada lnb yang di bawah dan lnb yang di atas hanya asal dapat siaran dan gambar tidak cekot-cekot, apakah lnb yang di atas dalam contoh hal ini adalah Intelsat 20 masih dikatakan sebagai fokus?


Jawabannya iya, Intelsat 20 sebagai fokus hanya sekedar posisi lnbnya saja, namun fokus pada pencarian sinyal yang maksimal ada pada lnb di bawahnya misalnya Thaicom 5. Hal ini seperti yang saya lakukan pada saat lock SES7 dan chinasat 11 yang mana fokus pencarian saya ada pada sinyal ses7 dan lnb nya saya taruh di bawah dan lnb ninmedia saya taruh di atas sebagai offset karena sebagai offset pun sinyal ninmedia luber dan hanya ada satu transponder sehingga jika sudah terlock dengan sinyal minim pun semua channel di scan akan keluar semua, beda dengan ses7 s band yang memiliki banyak transponder dan ratusan channel sehingga jika tidak maksimal sinyal yang diperoleh karena sebagai offset misalnya maka di khwatirkan ada channel yang tidak muncul saat di scan.


Untuk cara lock SES7 Indovision digabungkan dengan Chinasat 11 ninmedia bisa dibaca pada artikel saya cara-tracking-ses7-indovision-dan-chinasat11-dalam-satu-dish.

9 thoughts on “Cara Lock Thaicom 5 Digabungkan Dengan Intelsat 20

  1. gan… coba update tentang penggabungan ninmedia dengan thaicom kuband… pada dish indovisi dong gan… udah 2 hari tracking belum nemu… jadi galau nih…

  2. sangat bisa sekali, tapi agar keduanya mendapatkan sinyal yang maksimal maka salah satu lnb nya harus di atur lagi jaraknya, mengingat punya saya di parabola 6feet untuk palapa telkom jarak lnb nya hampir berdempetan semnetara saat dipakai buat intelsat20 dan thaicom jaraknya perlu direnggangkan, kecuali agan hanya ingin lock salah satunya saja misal intelsat 20 atau thaicom 5 nya saja maka tidk perlu merubah jarak lnb nya karena hanya pakai satu lnb saja yang digunakan. semoga bisa dimengerti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.