Cara Lock Ninmedia di Satelit Chinasat 11 Ku Band

Cara Lock Ninmedia di Satelit Chinasat 11 Ku Band – Ninmedia adalah penyedia layanan siaran televisi Satelit Free to Air (FTA) dengan frekuensi di jalur Ku-Band, yang telah disiarkan melalui Satelit Chinasat 11 dan digadang-gadang akan menjadi salah satu penyedia puluhan channel gratis atau FTA selamanya.

Ninmedia kini semakin ramai diperbincangkan dan mulai banyak dicari dan di lock oleh para pengguna parabola tv. Pasalnya, di ninmedia tersedia channel-channel tv yang ada di palapa dan telkom secara FTA seperti RCTI, MNC TV, Global TV, Trans TV, Trans 7, ANTV, INDOSIAR, SCTV, TV ONE, METRO TV, KOMPAS TV, dan channel lainnya akan menyusul. (Saat ini MNC Group lagi menghilang dari Ninmedia)

Ninmedia di Satelit Chinasat 11 Ku Band
Gambar Posisi Parabola Lock Ninmedia Chinasat 11
 
Artinya dengan hanya menggunakan parabola mini ukuran minimal 60 cm, menggunakan satu LNB Ku Band, menggunakan receiver MPEG4 jenis apa pun maka kita sudah bisa lock ninmedia di chinasat 11 dan menyaksikan beberapa channel yang sama seperti di satelit palapa dan telkom diantaranya seperti yang saya sebutkan di atas. Kelebihan lainnya, kita tidak memerlukan parabola besar lagi dengan jumlah lnb yang banyak.
Pengaturan LNB Ninmedia
 
Berikut cara tracking/lock ninmedia di satelit chinasat 11
 
Siapkan peralatannya terutama dish solid/parabola mini dan lnb ku band
Masuk ke pengaturan receiver.
Pada menu daftar satelit, tambahkan satelit baru chinasat 11 dengan garis bujur 98 derajat E
Lakukan pengaturan seperti gambar di atas:
 
    Setting Frekuensi LNB Universal 9750-10600
    Masukkan Frekuensi Ninmedia Chinasat11 12500 V 43200 
    Polaritas seting ke Auto
    Port LNB seting sesuai yang dipakai, di sini saya memakai port 4
    karena port 1 2 3 digunakan untuk chinasat 6b, palapa, dan telkom
    yang dihubungkan dengan switch. Dan receiver yang saya gunakan
    untuk lock Ninmedia adalah reciever k vision bromo K 1200 c band
 
Arahkan parabola ke barat dengan konektor lnb ke arah utara atau selatan tinggal dipilih saja utara/selatan
Naik dan turunkan parabola mini agar posisi kemiringan parabola sesuai sehingga ditemukan sinyal yang kuat, sambil sesekali memutar parabola ke utara dan selatan.
Pastikan tidak ada objek yang menghalangi datangnya signal satelit ke parabola demi kemudahan dalam menemukan signal ninmedia chinasat 11
Perlu diperhatikan bahwa lnb tipe offset akan lebih maksimal penerimaan sinyalnya jika lnb ada di posisi offset (pinggir) dari bibir dish atau parabola, pernah saya modif tiang penyangga lnbnya sehingga lnb berada ditengah dish namun yang didapat malahan sinyal tidak maksimal dan bisa jadi ada yang tidak mendapatkan sinyal sama sekali ketika posisi lnb offsetnya tidak tepat karena sebenarnya sinyal chinasat 11 ninmedia ini sangat kuat dan luber sampai orang-orang di Malaysia pun bisa lock ninmedia karena di sana dilarang menggunakan parabola besar dan harus pakai parabola kecil untuk astro dan bayar biaya bulanan. Bagi yang ingin nonton tv di Malaysia tanpa bayar biaya bulanan dengan parabola kecil agar terlihat seperti astro ya pakai dish kecil untuk ninmedia. Silahkan baca-baca di internet tentang larangan di Malaysia menggunakan parabola besar. Silahkan perhatikan gambar yang pertama, lihat arah lnb nya yang menuju dish. Kalau diperhatian dengan seksama maka lnbnya mengarah bukan ke tengah dish namun agak ke pinggir sedikit dan sinyal datang dari satelit jatuh di atas dish yang dipantulkan ke lnb sehingga membentuk segitiga.

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  

27 Comments

  1. Irwandi
    • Irwandi
  2. Irwandi
  3. andi kahar
  4. Suherna
  5. yoyo
    • Admin
      • lukman
  6. Arip Hermawan
  7. syukri destu

Leave a Reply

*

error: Content is protected by Allah !!