Bahaya Memakai Template Premium Gratisan

Bahaya Memakai Template Premium Gratisan. Template atau thema baik untuk blogspot maupun wordpress merupakan hal yang penting karena akan mempengaruhi bagaimana tampilan web kita nantinya, begitu juga dengan fungsi lainnya seperti fungsi estetika, kecepatan loading, fungsi slot iklan, widget, share button, home page layout dan sebagainya.

Di dunia maya banyak bertebaran berbagai template atau theme untuk wordpress dan blogspot dari mulai yang free, premium free, premium. Bagi pembuat blog biasanya terlalu lama berkutat dalam pemilihan template atau thema yang pas menurutnya, sehingga kadang bisa lebih dari 5 kali ganti template, sementara artikel tidak selesai-selesai masih di dalam draft.

Bahaya Template Premium Gratisan

Memang hal ini wajar menurut saya, jika pada awal-awal ngeblog ganti-ganti thema atau template, karena memang template juga harus sesuai dengan niche blog atau web site kita, apalagi banyak template yang yang bisa kita coba sesuka hati jika itu gratis maupun premium gratis.

Pada awal ngeblog dengan blogspot, karena saya orangnya ingin “perfeksionis” dalam segala hal, maka ketika saya memilih template blog saya pilih yang responsive, sudah responsive pun kadang kala kalau dilihat dari hp tampilannya masih ada yang kurang ‘pas’ di hati, hingga akhirnya waktu itu saya coba pakai template evomagz premium gratis .

Yang mana sudah umum diketahui bahwa template evomagz adalah template premium yang artinya untuk memilikinya harus dengan membelinya ke pembuatnya langsung. Namun kenyataannya banyak bertebaran template evomagz premium gratis, berdasarkan informasi katanya hasil kloningan.

Pada waktu itu saya mencoba pakai evomagz premium gratis dari salah satu web luar negeri yang berisi kumpulan template-template. Karena versi gratis, maka credit link tidak saya hapus. Namun keanehan terjadi. Beberapa slot iklan google adsense saya terisi iklan yang aneh-aneh yang saya rasa itu bukan dari google iklannya.

Template gratis atau premium gratis memang membahayakan bagi web site penggunanya karena kita tidak tahu kode script apa yang ada di dalamnya. Secara logika template premium itu harus beli, lalu kalau dibagi-bagikan secara gratis maka itu akan merugikan pembuatnya dan pembelinya, untuk mengganti kerugian inilah maka harus ada nilai tambah yang harus diperoleh sebagai ganti menutupi biaya pembelian, misalnya;

  • Dipasang credit link di footer yang akan diredirect jika link di hapus padahal dia bukan pembuat aslinya;
  • Dipasangi kode iklan tersembunyi;
  • Dipasangi kode pengalihan pengunjung;
  • Dipasangi kode pemantau aktivitas blog
  • dan beberapa kode lainnya

Lalu apa efek yang diakibatkan oleh penggunaan template premium gratis?? ;

  • Anda memakai hasil karya orang lain secara tidak benar
  • Dapat mengakibatkan tampilan blog rusak
  • Menjadi beban pikiran dan hati secara tidak langsung karena anda sendiri tidak bisa dibohongi atas apa yang diperbuat
  • Ibarat toko, pengunjung adalah calon pembeli, lalu bagaimana jika pengunjung anda otomatis dialihkan ke blog lain oleh script yang tidak anda ketahui?
  • Mengurangi tingkat SEO anda
  • Anda tidak bebas memakainya.

Dengan kejadian seperti ini akhirnya saya memutuskan untuk membeli langsung template evo magz premium yang saat itu di tahun 2016 masih versi 4.3 seharga Rp.125.000. Saat memilih template berbayar juga dihadapkan dengan berbagai pilihan diantarnya template premium sejenis.

Tempalet evo magz menjadi salah satu bahan tulisan yang sangat diminati oleh penulis blog, meski persaingannya tinggi, terlihat banyak yang melebihkan versi template evomagz, misal dari mas sugeng baru versi 4.3 tapi di internet sudah ada yang versi 5.0 dan seterusnya untuk menarik pengunjung. Jadi gunakanlah template premium yang asli dari pembuatnya.

2 thoughts on “Bahaya Memakai Template Premium Gratisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *